Laman

Sabtu, 25 Februari 2012

Apa kabar Kota Pekanbaru yaa??

Setelah beberapa pekan absen dari ranah pengkritisan kota. karena perhatian pun belakangan terpusatkan pada Proposal TA. jadi seperti ini deh,, (vakum)..tapi tetep kok masalah kota tetap tidak luput dari kacamata pengamat.
sibuk bagi2 waktu,  mana Usaha distribusi krupuk cabe orang tua harus tetap jalan, apa pun yang terjadi. awal maret majalah pimpinan gwa harus terbit. tapi fokus utama tetep ada di proposal deh.
semua hanyalah sampingan. buat nambah pngalaman. hidup tanpa pengalaman ntah gmna rasanya deh>>
oh.. ya..kmrin gwa baru aja ngewawancarain pak tenas loh.. tokoh kebudayaan melayu Riau. beliau itu salah 1 Tokoh kebudayaan melayu Riau yang terkenal dan disegani juga di Pekanbaru.



 gwa lagi wawancari nih di kediaman beliau...!!

di Pekanbaru ada Pak Al azhar juga tapi gwa lebih familiar sama ke 2 orang ini sih. nama 2 tokoh tsb memang sudah gak asing lagi deh di Pekanbru. Kalau gak ada belaiau2 ini ntah gmna deh jadinya Kota Pekanbaru. bisa dikatakan beliau ini bentengnya penghadang program2 pembangunan pemerintah yg cenderung mengikuti arah modernisasi. tanpa ada fikiran sedikitpun untuk mempertahankan warisan Kota tercinta (Urban Heritage). apa jadinya cobak, kalo kota tanpa peninggala masa lalu? kaya kota tanpa banyangan. kaya kota yg lupa ingatan. gak tau asal-usul nya.
terus apa yang mau diceritain lagi cobak kedepan sama anak cucu kita kedepan tentang hebantnya kebudayaan melayu?? kontras terasa banget apa yg dilakukan pemerintah hari ini. semua kegiatan perencanaan pembangunan seakan tidak mengikuti kaidah2 perencanaan yg ditetapkan seperti yg tertuang di RPJP/ RTRW Propinsi Riau. yang ingin menjadikan Propinsi Riau dan Kota Pekanbaru sebagai pusat kebudayaan melayu asia tenggara, pusatnya pendidikan, pusatnya perdagangan dan jasa. lantas hari ini, detik ini adakah program2 yang dilakukan untuk menuju Visi-misi tersebut pada tahun 2020-2021?? sudah terbayangkan deh.. kota Pekanbaru sebagai wajahnya Propinsi Riau kedepan akan terdiri dari gedung2 tinggi yang berserakan disana-sini. tanpa ada nilai2,unsur seni serta nilai2 kearifan lokal yang membaur dalam balutan arsitektur melayu. tak ayal Kota Pekanbaru akan seperti Kota Junk atau kota sampah.yang bagus secara estetika tapi tidak bagus secara etika.
gw sempat mikir kedepan nih,, klo pak tenas gak ada lagi. gman ya nasib Kota Pekanbaru?? mengingat umur beliau pun sudah lanjut. siapa lagi yg bisa diandalin cobak?? 
gwa pengen banget mewujutin bahkan hati kecil gwe ngotot apa yg bisa gwe lakukan untuk nyelametin Kota kita kedepan dari cengkraman kekuasaan penguasa yg tidak mengerti unsur2 dan nilai2 seni,kebudayaan. seperti halnya yg diceritaain dalam bukunya Prof. Eko Budiharjo.Perencanaan lebih cenderung didominasi oleh "The Big Boy" bukan karena pertimbangan ilmiah atau pun kehendak masyarakat.
idealnya kota kita minimal biar bisa menuju kota yg sustainable harus megikuti konsep perencanaan yg memuat unsur Humaopolis,ecopolis,teknopolis.
setalah panjang lebar wawancara nih dirumah pak tenas ada pesan yg masih gwa inget banget. maju gaknya budaya kita tegantung kpd:
1. adanya rasa memiliki terhadap budaya mealyu
2.bangga gak kita kpd kebudayaan kita sendiri
3. mmpu gak dia menjabarkannya nilai2 kebudayaan dalam keseharian
4.  kita mampu mengamalkan budaya melayu kita itu sendiri.
memang benar sih, apa yg dikatakn pak tenas fenomena ini sebenarnya yg mendasari pola fikir masyarakat dan pemimpin kita saat ini.
dalam keseharian saja terkadag kita gak ada sedkit pun mau memakai busana,bahasa,nilai2 dalamkebudayaan melayu. padahal itu semua salah satu upaya melestarikan kebudayaan melayu itu sendiri.
malah bahasa minang yang jadi trend bahasa gaul ditengah-tengah masyarakat,anak muda.
jadi initnya penyadaran terhadap pepatah dimana bumi dipijak disitu langit djunjung perlu kita renungkan dan perlahan -lahan mari kita terapakn.
akhir sesi wawancara gwa dan adek kelas gwa nyempatin berfoto bareng dengan beliau.


foto bareng nih,, sama pak Tenas Effendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar