Laman

Kamis, 29 Desember 2011

'Mengenal apa itu perencanaan"


Dalam ilmu perencanaan wilayah dan kota, kita wajib tahu apa itu perencanaa. Semoga ini bias membantu anda sekalian.
Defenisi Perencanaan menurut Prof. Dr. Ir. Djoko Sujarto, M.Sc:
      Merupakan suatu hasil rangkaian kerja untuk merumuskan sesuatu yang didasari oleh suatu pola tindakan yang definitif, yang menurut pertimbangan yang sistematis akan dapat membawa keuntungan tetapi dengan aggapan bahwa akan ada tindakan-tindakan selanjutnya yang merupakan rangkaian kegiatan sistematis lainnya. Sedangkan menurut
Ir. Roos Akbar, M.Sc., PhD
n  Usaha sadar, organisasi dengan terus menerus yang dilakukan guna memilih alternatif yang terbaik dari sejumlah alternatif untuk mencapai tujuan tertentu
n  Proses aktivitas yang berkelanjutan dengan merumuskan apa yang dapat dilakukan dan diinginkan untuk masa depan.

Lantas apakah sebenarnya perencanaan dan Rencana itu:
Perencanaan adalah : Suatu usaha untuk memanfaatkan sumber-sumber yg tersedia dengan memperhatikan keterbatasan dan pembatasan yg ada guna mencapai suatu tujuan secara efisien dan efektif.
Rencana Adalah produk dari suatu kegiatan perencanaan yang akan merupakan pedoman dan arahan untuk mencapai keinginan atau cita-cita yang sasaran dan jangkauannya telah digariskan terlebih dahulu.
Rencana Merupakan rumusan-rumusan keinginan atau cita-cita yang lingkupnya menyeluruh dan luas.
Dan apa itu Rancangan:
Rancangan : Merupakan produk dari suatu kegiatan perancangan (Designing) yang berupa upaya tindak lanjut, penjabaran dan rincian dari produk perencanaan terdahulu.

Proses Perencanaan Proses; adalah suatu kegiatan ‘pengolahan’ suatu atau beberapa bahan ‘masukan’ (input) untuk memperoleh suatu atau beberapa ‘keluaran’ (output).
Proses Perencanaan; Merupakan suatu rangkaian kegiatan berfikir yang bersinambungan dan rasional untuk memecahkan suatu permasalahan secara sistematik dan berencana. Proses perencanaan dapat berkembang sesuai dengan kendala dan limitasi yang ada sehingga rangkaian kegiatan itu dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien (Holden, Mcllroy,1970).

BENTUK-BENTUK PERENCANAAN
BLUE PRINT, Seperti apa adanya : segala sesuatunya harus diatur persis seperti apa yang terlihat.  Sesuai untuk bagian yang berkaitan dengan bangunan, kompleks perumahan yg direncanakan oleh satu pemilik/badan tunggal.
RENCANA TAPAK, para perencana kota mempersiapkan rencana tapak (site plan) secara terperinci sebaggai cetak biru untuk merancang bangunan dan pertamanan (lansekap).
RENCANA STRUKTUR, Rencana struktur memusatkan perhatian pada aspek-aspek tertentu dari lingkungan, seperti : Tata guna lahan, sistem pergerakan utama, dan besaran serta lokasi dari fasilitas-fasilitas penting dan bangunan-bangunan.
RENCANA KONSEP, Hanya menerangkan seluruh rencana secara garis besar tentang bagaimana suatu daerah hendak dikembangkan. Pemusatan pembahasna pada hal2 yang utama dan penting saja, dan belum secara terperinci karena belum waktunya.
PANDUAN, Rencana dapat juga di jabarkan ke dalam bentuk rancangan kebijakan atau panduan (guideline).


Proses Perencanaan Pembangunan Daerah di Indonesia
Salah satu mekanisme perencanaan pembangunan di Indonesia di lakukan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) atau yang dulu biasa di kenal dengan Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang). Adapun rentang waktu yang dijadwalkan guna melakukan Musyawarah rencana pembangunan sebagai berikut:
Musrenbang Desa/Kelurahan (Januari)
Musrenbang Kecamatan (Februari)
Musrenbang Kabupaten/Kota (Maret)
Musrenbang Provinsi (Maret-April)
Musrenbang Nasional (Akhir April/Awal Mei)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar